Tips Cara Menghemat Baterai Android Yang Boros

Tips Cara Menghemat Baterai Android Yang Boros
loading...
Cara Menghemat Baterai Android
Cara Menghemat Baterai Android
TEK-NOW - Cara Menghemat Baterai Android Yang Boros - Baterai boros merupakan kelemahan yang dimiliki hp android, tidak sedikit orang-orang yang mengeluhkan borosnya baterai ponsel mereka. Hal tersebut memang sangat menyebalkan bagi para pengguna android.

Bagi para pengguna android, baterai yang cepat habis tentu sangat tidak di inginkan, apalagi anda seorang gamers, dimana ketahanan baterai sangat-sangat di perlukan, tidak terbayang jika smartphone yang anda miliki sangat boros baterai.


Tak sedikit orang-orang yang mencari cara untuk menghemat baterai android yang mereka miliki, oleh karna itu saya akan membagikan cara menghemat baterai hp android agar tidak boros dan tentunya akan lebih awet serta tahan lama. Dari ulasan kali ini saya akan mengulas lebih jauh lagi point-point penting seperti berikut.



  • Penyebab Mengapa Daya Tahan Baterai Android Menjadi Boros.
  • Tips Cara Merawat Baterai Agar Tidak Boros.
  • Tips Cara Menghemat Baterai Android.

Sebelum anda menemukan solusinya, di wajibkan anda mengetahui penyebab mengapa baterai boros. Nah berikut penjelasan point-point penting di atas.


I. Penyebab Mengapa Daya Tahan Baterai Android Menjadi Boros


Banyak hal yang mempengaruhi awet borosnya baterai pada hp android, ada banyak faktor penyebab yang ditimbulkan pada umumnya dan berakibat pada baterai android yang anda miliki. Berikut ini penyebab baterai android menjadi boros.


1. Terlalu Lama Dinyalakan

Pada permasalahan pertama ini,  memang menjadi faktor utama yang menjadi penyebab baterai android menjadi sangat boros. Tak heran hal ini sering kali kita mengalaminya. Hal ini memang sangat menyebalkan, terlebih jika kita sedang asik-asiknya menggunakan hp android untuk aktifitas.



Jadi saat anda menjalankan aplikasi dan game yang terlalu banyak, tentu hal ini sangat mempengaruhi cepat lambatnya baterai habis. Terlebih jika layar android selalu menyala dalam tingkat kecerahan yang relatif tinggi. Dan itu menjadi faktor utama yang sangat mempengaruhi baterai android anda menjadi boros.



2. Terlalu Sering gunakan Multimedia
Kemudian bagian poin ke dua yang menjadi penyebab baterai android cepat habis adalah terlalu lama menggunakan multimedia, walaupun tidak terlalu sering menggunakan multimedia, akan tetapi terlalu lama menggunakannya juga akan mempengaruhi cepat habis baterai android anda. Mungkin anda bertanya-tanya apa sih multimedia itu, nah multimedia itu contohnya adalah pemutar vidio, pemutar musik, kamera, vidio, perekam suara dan masih banyak yang lainnya.

Sangat jelas sekali, bahwa multimedia sangat dibutuhkan untuk selalu mengisi keseharian anda dengan smartphone, point penting yang perlu anda ketahui bahwa multimedia akan sangat mempengaruhi kurangnya baterai. Tahukah anda bahwa multimedia akan menguras daya baterai 30%-70%, dengan terkurasnya sebanyak itu, anda akan sangat-sangat di rugikan.

3. Sering Restart / Hidupkan Ulang HP Android
Faktor lain yang menjadi penyebab adalah terlalu seringnya merestart hp android yang anda miliki, untuk restart sendiri di artikan seseorang mematikan hp android kemudian menyalakannya kembali. Tahukah anda bahwa merestart ternyata juga sangat mempengaruhi pengurangan daya baterai, hal ini di sebabkan karena ketika sebuah perangkat ingin di hidupkan, perangkat tersebut membutuhkan daya baterai saat memuat ulang (restart), terlebih saat memuat ulang (restart) anda menjalankan aplikasi yang belum berhenti ketika ingin merestartnya. Nah hal ini yang menjadi salah satu penyebab android anda cepat menguras baterai.

4. Baterai Sudah Rusak
Kalau masalah ini mungkin sudah anda ketahui, memang ketika baterai sudah rusak akan sangat mudah drop. Sebuah baterai akan sangat mempengaruhi cepat lambatnya baterai itu habis, contoh baterai yang masih normal akan tahan lama dibandingkan baterai yang sudah rusak. Jadi pastikan anda telah memiliki baterai yang normal, jika baterai yang anda miliki rusak, segera beli yang baru dan yang berkualitas.

II. Tips Cara Merawat Baterai Agar Tidak Boros.


Nah, ketika anda sudah mengetahui penyebab baterai android menjadi boros, lalu anda dapat mencoba merawatnya sebelum memperbaikinya, cara ini terbilang sebagai langkah awal sebelum terjadinya kerusakan pada baterai android yang anda miliki.

1. Jangan Gunakan Android Saat di Charger
Ini mungkin telah menjadi kebiasaan buruk dan selalu di ulang-ulang, memang saat kita sedang mengisi baterai serta sambil menggunakannya ntah untuk apa pun itu, akan sangat berdampak buruk serta dapat merusak baterai hp itu sendiri, dan ketika kita menggunakannya maka baterai akan mengeluarkan energi untuk menyalakan android. Nah, arus bolak balik ini sangat tidak baik untuk kesehatan baterai dan hp android anda.

2. Lakukan Pencharger Ketika Baterai Mulai Lemah
Langkah ini wajib anda lakukan dan sudah dirasakan efek positifnya, ketika baterai mulai drop, jangan biarkan baterai tersebut menjadi habis total. Contohnya ketika baterai tersisa 20% maka sebaiknya segera anda isi daya baterai tersebut.

Hal ini akan sangat lebih menguntungkan jika dibandingkan ketika baterai baru habis langsung di charger. Alangkah baiknya mengisi terlebih dahulu sebelum habis, hal ini yang sebenarnya sangat jarang orang lakukan, padahal langkah ini terbilang sangat efektif untuk dapat merawat baterai agar tidak cepat habis.

3. Jangan Gunakan Sembarang Charger
Mengisi baterai android dengan menggunakan charger yang bukan aslinya akan sangat beresiko kerusakan pada baterai. Biasanya mode pengisian yang sering di gunakan adalah mode USB yang dimana USB (besar) hp lain kita colokkan pada hp kita, hal ini dapat berdampak buruk pada kesehatan baterai dan hp anda.

Tips Cara Menghemat Baterai Android Yang Boros
Cara Menghemat Baterai Android

III. Tips Cara Menghemat Baterai Android.


Nah, bagi anda yang sudah membaca ulasan diatas, tentu anda telah mengetahui penyebab baterai menjadi boros. Anda dapat melakukan tips cara menghemat baterai android ini, untuk mengurangi borosnya baterai pada hp android anda. Berikut cara menghemat baterai android agar tidak boros.

1. Ketahui Dulu Detail Penggunaan Baterai
Solusi yang sangat tepat untuk bisa mengatasi baterai android yang boros adalah dengan melihat detail penggunaan fitur-fitur yang banyak mengkonsumsi baterai. Saat anda melihat hal tersebut, maka anda akan mengetahui fitur-fitur apa saja yang mengkonsumsi baterai android anda dalam jumlah banyak.

2. Matikan Fitur yang Tidak Dipakai
Kecanggihan teknologi sebuah smartphone android tentu akan sangat bermacam-macamnya fitur yang disediakan oleh hp android tersebut. Tak heran jika fitur tersebut bisa membuat boros baterai, loh kok fitur bisa memboroskan baterai ? Sangat jelas, di karena ketika fitur itu diaktifkan sama saja kita memberi beban pada baterai untuk mengeluarkan daya lebih.

3. Atur Pencahayaan Layar (Brightness)
Mungkin anda sudah mengerti apa yang dimaksud brightness, Brightness merupakan fitur yang memungkinkan anda dapat mengatur pencahayaan layar, anda juga dapat mengatur cerah gelapnya layar dengan selera anda. 

Fungsi fitur yang satu ini memang masih banyak yang menganggap remeh. Padahal, hal ini akan sangat mempengaruhi boros tidaknya baterai tersebut, tahukah anda bahwa 40-90% energi baterai dapat terkuras karena layar. Jika anda baru mengetahuinya lakukanlah pengaturan layar yang sedikit rendah.

4. Hindari Penggunaan Flash Wallpaper
Tahukah anda, ketika layar android memakai wallpaper  bergerak(background layar) akan sangat menyita baterai, biasanya terjadi untuk flash wallpaper, flash wallpaper terdapat pada layar jenis AMOLED. Jadi saya menyarankan anda untuk menggunakan wallpaper yang terlalu HD cukup yang sedang dan biasa, hal ini dapat mengurangi lonjakan baterai tersebut.

Nah, mungkin cukup sekian tips dan trik untuk cara menghemat baterai android yang boros, semoga anda berhasil menerapkannya pada smartphone anda.

Baca Juga : 

  1. 3 Cara Menambah Memori Internal Android Yang Anda Miliki
  2. Cara Root Hp Android Tanpa Menggunakan PC
  3. Cara Mengatasi Hp bootloop, Pada Semua Jenis Hp
loading...
Sign out
Baca Juga ×
Powered by Blogger.